Jumat, 30 Desember 2011

Perencanaan SDM

Perencanaan merupakan suatu kegiatan atau proses yang sangat penting dalam berbagai kegiatan dalam suatu organisasi, termasuk dalam sumber daya manusia, sebab perencanaan merupakan prasyarat pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan. Hal ini dapat dipahami secara umum perencanaan merupakan proses penentuan tujuan, mengevaluasi berbagai alternatif pencapaiannya, dan penentuan tindakan yang akan diambil. Dalam konteks manajemen SDM, perencanaan merupakan proses penetuan kebutuhan sumber daya manusia dan tindakan.

Pengertian Perencanaan SDM
Pengertian perencanaan SDM didefinisikan oleh para ahli secara berbeda. Menurut :

Torrington & Tan Chwee Huat:
Perencanaan sumber daya manusia merupakan kegiatan khusus yang berkaitan dengan penentuan kebutuhan SDM perusahaan baik  kebutuhan jangka pendek maupun kebutuhan jangka panjang. Dalam bentuk lebih operasional adalah kegiatan yang berkaitan dengan memprediksi atau memperkirakan seberapa banyak orang atau pegawai yang dibutuhkan untuk melakukan tugas- tugas, baik jumlahnya maupun jenisnya, berapa yangn akan tersedia, dan apa yang dilakukan untuk memastikan bahwa penawaran sama dengan permintaan pada waktu yang bersamaan.

Kemudian William B. dan  Keith Davis mengatakannya sebagai ;
Proses yang sistematis untuk meramalkan kebutuhan pegawai (demand) dan etersediaan (supply) pada masa yang akan datang, baik jumlah maupun jenisnya sehingga dapartemen sumber daya manusia dapat merencanakan pelaksanaan rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan aktivitas yang lain dengan lebih baik.

Tujuan dan Kegunaan perencanaan SDM
Ketersediaan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas- tugas pada masa – masa yang akan dating adalah sangat openting untuk memastikan bahwa kegiatan perusahaan dapat  terlaksana dengan baik. Tindakan-tindakan yang akan dilakukan harus direncanakan sebelumnya untuk memastikan atau meminimalkan gangguan pada rencana- rencana perusahaan. Secara lebih luas dapat dikatakan bahwa perencanaan sumber daya manusia yang baik akan:
  • 1.      Memperbaiki pemanfaatan SDM
  • 2.      Menyesuaikan aktivitas sumber daya manusia dan kebutuhan di masa depan secara efisien
  • 3.      Meningkatkan efisiensi dalam menarik pegawai baru
  • 4.      Melengkapi informasi SDM yang dapat membantu kegiatan sumber daya manusia dan unitr organisasi lain.

Dua prinsip dalam menyusun perencaanaan antara lain:
  • 1.  Perencanaan harus dikenali sebagai satu bagian dari suatu proses menyeluruh, analisa, persiapan, pengelolaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi, dan penelitian
  • 2.      Tanggungjawab fungsi perencanaan  secara professional

Skema IPO

Input >> Proses >> Output
                                                                                                

Keterangan :
Didalam Input terdapat :
Sumber daya manusia, pembiayaan ataupun keuangan.
Proses :
Siapa yang melaksanakan , contoh proses administrasi ,dan proses dalam tindakan.
Output :
Apa yang diharapkan , contoh: pegawai mengharapkan naik jabatan atau pangkat
(sumber : Diktat Manajemen SDM RS)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar